Social Icons

twitterfacebooklinkedinrss feedhara_international@yahoo.com

Kualitas Lingkungan Hidup, permasalahan limbah air akibat Shopping Mall & Hotel serta solusinya



Kualitas Lingkungan Hidup di Indonesia semakin hari menjadi semakin menjadi fokus utama dari Pemerintah, apalagi setelah dikeluarkannya Undang Undang Lingkungan Hidup No.4 Tahun 1982, dan diikuti dengan Peraturan Men. LH No. 112/MenLH/VII/2003.

Undang-undang tersebut di atas bertujuan selain untuk melestarikan lingkungan hidup,juga memastikan bahwa pembangunan tetap berlanjut dengan dukungan yang baik dari Lingkungan yang ada di sekitarnya.  Bila dukungan dari Lingkungan Hidup di sekitar Property yang dikembangkan berkurang akibat gagalnya unit STP, akan mengakibatkan area basement dan saluran kota yang berada di sekitas Shopping Mall dan Hotel menjadi kotor dan berbau.  Hal ini akan mengakibatkan turunnya image dari sebuah Property.

Proses pengolahan limbah yang terdapat pada Hotel dan Shopping Mall adalah proses biologis menggunakan bakteri aerob dengan methode proses Activated Sludge.

Permasalahan yang sering muncul pada kondisi desain STP yang ada di Mall dan Hotel adalah:
1.      Sampah plastic dan kotoran yang membuat tersumbatnya pipa dan pompa
2.      Kondisi bakteri yang rentan terhadap beban kejut (shock load) akibat Equalizing Tank tidak didesain dan dioperasikan secara tepat
3.      Operasional blower dan diffuser sebagai media transfer udara yang menyuplai kebutuhan udara dari mikroorganisme tidak berjalan maksimal sehingga mengakibatkan mikroorganisme pendegradasi limbah menjadi mati, ataupun supplai udara yang terlalu besar sehingga membuat bakteri menjadi bulking dan tidak dapat terpisah dari air secara baik.
4.      Jumlah koloni bakteri yang tidak terkontrol akibat kondisi STP yang tidak stabil


PT. HARA INTERNATIONAL INDONESIA, sebagai kontraktor pembuatan STP yang lebih berfokus kepada recycled dari air bersih keluaran STP, telah mengembangkan system yang secara terpadu akan mendeteksi secara dini kemungkinan kegagalan yang ada di STP.  System STP yang dibangun akan mampu menghasilkan kualitas air Effluent yang secara konstan memenuhi peraturan yang ada.