Social Icons

twitterfacebooklinkedinrss feedhara_international@yahoo.com

FAQ

hara international indonesia


Apa itu TDS ?
TDS yang merupakan singkatan dari Total Dissolved Solids adalah suatu ukuran yg didalamnya terdiri dari gabungan dari semua zat inorganic yg terdapat didalam cairan: baik itu berbentuk molekul atau ion yg berbentuk padat. Satuan yg digunakan adalah mg/l. TDS pada umumnya digunakan sebagai indikator karakter estetika dari air minum. Sedangkan standard kualitas air untuk kategori air minum (standar internasional) adalah maksimal di TDS 500 (mg/l)

Apa itu BOD ?
BOD adalah singkatan dari Biological/Biochemical Oxygen Demand, yang menunjukkan Jumlah oksigen terlarut yg dibutuhkan oleh organisme aerobic didalam air untuk memisahkan material organik yg ada dalam sample air pada suhu tertentu dalam kurun waktu yg telah ditetapkan. Nilai BOD biasanya ditunjukkan dalam miligram oksigen yg dikonsumsi per liter sample air selama 5 hari pada masa inkubasi pada suhu 20 °C.

Apa itu COD ?
COD adalah singkatan dari Chemical Oxygen Demand. Satuan yg digunakan adalah mg/L atau ppm (parts per million) yg digunakan untuk menunjukkan massa oksigen yg dikonsumsi per liter larutan. COD test biasanya digunakan (secara tidak langsung) untuk mengukur jumlah senyawa organik didalam air.

Apa itu pengolahan limbah cair?
Pengolahan limbah adalah proses memisahkan/mengeluarkan zat-zat pengotor dr air limbah industri, rumah tangga, baik itu domestik maupun komersil. Termasuk didalamnya proses fisika, kimia, dan biologi untuk memisahkan/mengeluarkan zat-zat pengotor padatan, kimia, dan biologi.Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan lingkungan yg aman dgn aliran air buangan dan padatan yang standard nya cocok untuk dibuang atau dipergunakan kembali. Dengan metode pengolahan limbah cair yg tepat dan teknologi yg semakin canggih, pada jaman sekarang memungkinkan untuk mengolah limbah cair menjadi air minum. Negara Singapura adalah pelopor yang menggunakan teknologi ini untuk menghasilkan air dalam jumlah yg besar.

Apa itu pengolahan air ?
Pengolahan air adalah proses untuk memisahkan/memindahkan/mengurangi zat2x pengotor yang masih tersisa didalam air sehingga air bisa dipergunakan sesuai dengan kebutuhan yg diinginkan. Proses-proses yg terlibat dalam pengolahan air untuk minum adalah pemisahan padatan menggunakan proses fisika seperti misalnya pengendapan dan penyaringan, dan proses kimia seperti misalnya disinfektasi dan penggumpalan. Zat2x yg dipisahkan dalam proses pemurnian air adalah padatan yg tersuspensi, bakteri, alga, virus, jamur, mineral2x seperti besi, mangan, dan belerang, dan polutan kimia seperti pupuk.

Apa itu pemurnian air ?
Pemurnian air adalah proses memindahkan/memisahkan bahan kimia yg tidak diinginkan, pengotor biologi, padatan tersuspensi, dan gas dari air yg terkontaminasi. Tujuan akhir adalah menghasilkan air yg sesuai untuk dipakai utk. memenuhi tujuan tertentu. Kebanyakan air itu dimurnikan dengan tujuan untuk konsumsi manusia (air minum), tetapi pemurnian air bisa juga dipergunakan untuk bermacam_macam tujuan, seperti misalnya untuk memenuhi criteria tertentu pada bidang farmasi, kesehatan, kimia dan bidang2x industri lainnya.

Apa itu ultrafiltrasi ?
Ultrafiltrasi adalah suatu variasi/varian dari penyaring membran yg menggunakan tekanan hydrostatis untuk menekan cairan melawan membrane semipermiabel. Padatan yg tersuspensi dan larutan dgn berat molekul yg besar akan tertahan, sedangkan air dan larutan dgn berat molekul rendah akan melewati membran. Proses pemisahan ini dipergunakan dalam industri dan penelitian atas pemurnian dan larutan konsentrasi macromolecular (103 - 106 Da), khususnya larutan protein.

Apa itu reverse osmosis ?
Reverse osmosis adalah filtrasi dgn menggunakan metode teknologi membrane yg memisahkan bermacam-macam type molekul besar dan ion2x dari larutan dgn cara mengaplikasikan tekanan pada larutan dimana tekanan itu dilakukan pada satu sisi dari selective membrane. Hasilnya adalah larutan akan tertahan pada sisi yg diberikan tekanan dan pelarut murni akan penetrasi melewati sisi tersebut.

Apakah perbedaan antara reverse osmosis dan filtrasi ?
Mekanisme pemisahan utama dalam filtrasi membrane adalah straining (penahan) atau “pengkategorian ukuran”, sehingga prosesnya secara teori akan mencapai “pengkategorian ukuran” yg sempurna dgn mengindahkan parameter2x operasional seperti misalnya tekanan influent dan konsentrasi larutan.
Sedangkan Reverse osmosis melibatkan mekanisme diffusive sehingga efisiensi pemisahan itu tergantung pada konsentrasi larutan, tekanan, dan water flux rate. Reverse osmosis pada umumny dikenal aplikasinya pada pemurnian air minum dari air laut, memisahkan garam, dan zat2x lain dari molekul air.

Mengapa pengolahan air itu penting ?
2 proses utama dalam pengolahan air industri adalah penanganan boiler dan cooling tower.
Pengolahan air yg kurang benar akan mengakibatkan reaksi antara padatan dan bakteri dalam pipa dan rumah boiler. Boiler uap akan mengalami “kerak” atau “karat” ketika pengolahan airnya tidak ditangani dgn benar  yg akan berakibat pada kerusakan mesin yg berbahaya, penumpukan “kerak” akan menyebabkan tambahan bahan bakar yg diperlukan untuk memanaskan air pada level yg sama dikarenakan efisiensi yg buruk/jatuh. Kualitas air kotor yg buruk akan menjadi sarang tuntuk tumbuhnya bakteri, seperti misalnya Legionella, yg dapat mengakibatkan resiko  kesehatan publik. 
Dengan penanganan pengolahan limbah cair  yg benar, akan didapat proporsi air yg cukup signifikan untuk dapat dipergunakan kembali dalam proses industri. Kegiatan ini akan MENGHEMAT UANG dgn 3 cara: mengurangi biaya konsumsi air, mengurangi biaya2x pembuangan air effluent, dan mengurangi biaya energi dikarenakan pemulihan panas/efisiensi dalam pengolahan air limbah