Social Icons

twitterfacebooklinkedinrss feedhara_international@yahoo.com

Sewage Treatment


Hara International



Peralatan yang ada untuk Sewage/IPAL lebih berfokus untuk membuat suasana agar proses biologi menggunakan bakteri pengolah limbah bisa hidup dan beradaptasi dengan lingkungan yang disediakan untuk mendegradasi BOD/COD yang ada di air limbah.  

Teknologi yang dikembangkan oleh PT. HARA INTERNATIONAL INDONESIA untuk unit pengolahan limbah ini adalah antara lain:

            1.      System Anaerobic (UASB)
System Anaerobic mampu mendegradasikan BOD dan COD dengan konsentrasi tinggi (Lebih dari 2,000 ppm).  Dengan desain dan instalasi Biomedia Anaerobik yang compact, akan membuat efisiensi penghilangan BOD/COD sampai 60% dengan kemungkinan lolosnya lumpur anaerobic ke proses selanjutanya menjadi minimal.

            2.      System Aerobic
System Anaerobic mampu sangat efektif dilakukan untuk kadar BOD dan COD kurang dari 2,000 ppm sampai ke level yang bisa ditermia oleh badan air.  System Aerobik yang dikembangkan oleh PT. HARA INTERNATIONAL INDONESIA utamanya adalah system dengan pemakaian biomedia (untuk system dengan area yang terbatas) dan efektifitas degradasi BOD/COD di air limbah mencapai 95%.  

            3.      System Membrane Biological Reactor  
Untuk sebuah system dengan area yang sangat terbatas, teknologi membrane digunakan untuk media pengembangan bakteri.  Bila di system konvensional, jumlah bakteri pengolah limbah hanya bisa mencapai 2,000 mgr/liter; di system MBR, koloninya bisa dinaikkan sampai mencapai 10,000 mgr/liter.  Dengan kata lain, waktu pengolahan limbah bisa berkurang sampai 1/5 system konvensional.  Penggunaan Membrane Biological Reactor bisa menghilangkan kebutuhan akan settling tank.  

            4.      Packaged STP   System kombinasi Anaerobic/Aerobic System
Untuk system yang kecil, kombinasi Anaerobic dan aerobic dalam bentuk packaged akan memudahkan proses pemurnian air untuk digunakan lagi sebagai air bersih.  Teknologi yang digunakan adalah Teknologi Jerman dari Mann – Hummell.