Social Icons

twitterfacebooklinkedinrss feedhara_international@yahoo.com

Treatment

Hara International



Proses Treatment mengarah ke unit pemurnian air dari kondisi air yang sudah bening untuk menjadi layak konsumsi sebagai air minum.  Alat alat yang digunakan adalah antara lain:

            1.      Adsorbent (Penyerapan bahan pengotor di air)
a.      Activated carbon Filter
Activated Carbon Filter digunakan untuk menyerap bahan oranik yang menyebabkan warna kekuningan dan bau.  Selain itu, Filter ini bekerja dengan baik untuk menangkap Kaporit yang kadang diberikan secara berlebihan di sumber air dari PDAM.
b.      Softener
Secara alami, air akan mengandung kapur.  Kapur akan menyebabkan konsumsi sabun menjadi sangat banyak.  Hal ini disebabkan oleh sabun akan menetralkan kapur yang ada di air sebelum bekerja untuk membersihkan kotoran yang ada di pakaian (Bila digunakan untuk mencuci) dan membersihkan kotoran yang ada di kulit (Bila digunakan untuk bilas dan mandi).  Softener mampu menghilangkan kadar kapur yang ada di air sampai minimum.  Industri, biasanya menggunakan softener untuk menghindari pembetukan kerak kapur di ruang pembakaran, dan untuk rumah tangga, softener digunakan untuk mengurangi kebutuhan sabun untuk cuci (Pakaian menjadi awet dan warna kekuningan di pakaian akan berkurang) dan untuk bilas wajah (Kulit wajah tidak akan menjadi kering karena berkurangnya pemakaian sabun akan tetapi wajah tetap bersih).
c.       Organic Scavenger
Organic Scavenger adalah penangkap senyawa organic.  System ini bisa membeningkan air, menyerap bau dan menangkap senyawa phosphate yang mengkontaminasi air.  Tidak seperti Activated Carbon Filter yang bila jenuh membutuhkan biaya regenerasi tinggi, System ini bisa diregenerasi dengan murah, hanya menggunakan garam dan bisa dipakai lagi.

           2.      Advanced Filtration
a.      Ultra Filtration
Ultra Filtration adalah system filtrasi partikel sampai 0.01 mikro meter.  Di range ini bakteri dan semua pengotor di air akan tertahan sehingga  kaluaran dari alat ini langsung aman untuk dikonsumsi.
b.      Nano Filtration
Nano Filtrasi merupakan range filtrasi sampai 10-9 meter, sebagian mineral yang ada di air, termasuk kapur akan tertahan.

            3.      Reverse Osmosis
a.      Brackish Water System
Brackish Water Reverse Osmosis bekerja pada air degan TDS sampai 10,000 ppm.  Reverse Osmosis system ini akan menolak 99% mineral di air sehingga ai yang dihasilkan akan bebas dari Virus, bakteri dan menghasilkan air dengan tingkat kemurnian yang tinggi.
b.      Sea Water System
Sea Water Reverse Osmosis sysem digunakan untuk mengolah air laut yang asin menjadi air tawar.

            4.      Desinfektasi
a.      Ultra Violet System
Ultra Violet System bekerja dengan sinar Ultra Violet untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada di air dengan membuat memecahkan dinding sel bakteri, sehingga air menjadi bebas dari bakteri dan kuman.
b.      Ozon Generator
Ozon merupakan senyawa oksidator yang sangat kuat untuk mengoksidasi bakteri dan senyawa organic yang ada di air.
c.       Chemical Base Desinfectation
Bahan kimia untuk desinfektasi yang umum digunakan di air adalah senyawa Hypo Chloride (dari Kaporit), biasanya digunakan untuk produksi air minum dan Peroksida yang biasanya digunakna untuk treatment di industry.